EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKorean ArabicChinese Simplified


this widget by www.bloggerarticle.com

Rabu, 16 September 2009

Sekilas Tentang Blog

Blog,,apa itu?? sekarang ini kita makin sering mendengar kata itu,,dimana mana ada saja yang menyebut kata “BLOG”..
Secara sederhana blog dapat diartikan sebagai website pribadi yang berisi materi-materi yang ingin disampaikan oleh pemiliknya yang dilakukan secara berkesinambungan oleh pemiliknya. Blog atau weblog merupakan istilah yang pertama kali ditemukan oleh Jorn Barger sekitar tahun 1997. John barger menggunakan istilah weblog (web+log) untuk menyebut website-website yang berupa catatan harian seorang pengguna internet yang suka browsing situs-situs di internet (websurfer).
Setiap hari, websurfer tersebut menulis catatan dan link ke website yang ia temukan dan kunjungi disertai dengan komentar dan opini mengenai website tersebut. Catatan dan opini inilah yang kemudian menjadi sebuah karakteristik utama blog-blog yang dikenal sekarang. Saat ini blog merupakan media bagi banyak orang untuk melakukan banyak hal seperti :


  • Untuk menyampaikan informasi
Biasanya blog yang dibuat untuk menyampaikan informasi bsersifat deskriptif, seperti mengenai berita-berita terbaru yang terjadi atau misalnya mengenai perkembangan perangkat komputer atau hal-hal lainnya yang sifatnya informatif.

  • Tempat untuk menceritakan kejadian-kejadian yang dialami pemiliknya
Dulu kita mungkin biasa menulis atau menceritakan pengalaman kita di sebuah buku harian, tetapi sekarang adalah zaman internet semua serba “online“ jadi blog pun bisa berubah menjadi sebuah buku harian online. Tentu saja perbedaannya pada blog catatan itu bisa dilihat dan dibaca bahkan dikomentari oleh orang lain.

  • Mencari sumber penghasilan
Blog merupakan media multifungsi, kita bisa memasarkan produk yang kita tawarkan melalui blog sehingga wilayah pemasaran pun menjadi lebih luas selain itu blog kita pun bisa menjadi tempat bagi orang lain untuk memasang iklan dan kita bisa mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.
Membuat blog bukanlah hal yang sulit, tapi yang sulit adalah mempertahankannya. Kita bisa membuat blog dalam hitungan waktu yang singkat tapi kita bisa meninggalkannya dalam waktu yang lama. Karena itu sebelum membuat blog sebaiknya kita memikirkan terlebih dahulu apa yang kita inginkan atau apa tujuan kita dalam membuat sebuah blog agar nantinya blog tersebut bisa bertahan dan tidak hanya sebagai percobaan saja, karena mungkin saat ini banyak juga orang yang membuat blog hanya sekedar untuk mencoba-coba, setelah mereka selesai membuat blog lalu mereka meninggalkannya dan tak pernah diurus lagi.

Sumber :
id.wikipedia.org
CHIP Magazine

1 komentar:

elm mengatakan...

mampir yog. jangan lupa mampir ke blog gw jg ya di http://ilmiaji.com

Posting Komentar

 
Powered by Blogger