EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKorean ArabicChinese Simplified


this widget by www.bloggerarticle.com

Kamis, 31 Desember 2009

Mapping Karakter - Beetle Borg

Pada tahap ini, kita akan melanjutkan tahap selanjutnya dari pembuatan karakter yaitu mapping. Mapping adalah tahap dimana objek yang telah kita buat sebelumnya akan diberikan material baik warna ataupun gambar. Untuk karakter Bettle Borg ini, kita akan membagi mapping menjadi 2 bagian, bagian yang pertama menggunakan warna yang sudah tersedia pada program 3ds Max dan bagian yang kedua adalah dengan menggunakan gambar. Untuk mapping bagian pertama, dimana kita hanya memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada program 3ds Max, caranya adalah sebagai berikut :

  • Pilih objek yang akan diberi material lalu tekan tombol M pada keyboard, maka akan muncul tampilan Material Editor


  • Pilih salah satu slot kosong yang digambarkan dalam bentuk bola, lalu klik tombol Standar, akan muncul jendela Material/Map Browser. Klik 2x pada Raytrace


  • Masih dalam kotak dialog Materia Editor klik kotak warna Diffuse dan ubah menjadi warna putih


  • Lalu klik kotak warna Reflect, setelah tampil kotak dialog, isi nilai Red, Green dan Blue dengan 126. setelah itu klik close


  • Pastikan objek masih dalam keadaan terpilih lalu klik Assign Material to Selection dan klik Show Map in Viewport
Proses mapping bagian pertama telah selesai. Gunakan mapping ini pada objek Kepala, Tanduk, Kaki dan Mesin. Karena untuk bagian Badan dan Sayap, kita akan menggunakan mapping dengan cara yang kedua.
Berikut adalah mapping menggunakan cara yang kedua :
  • Seleksi objek yang akan diberikan material lalu klik tombol M pada keyboard maka akan muncul tampilan Material Editor


  • Pilih salah satu slot kosong, lalu klik kotak setting  Diffuse (bukan kotak warna) maka akan muncul jendela Material/Map Browser.


  • Klik 2x pada Bitmap, maka akan mucul tampilan Select Bitmap Image File. Kita cari dan pilih gambar yang kita inginkan, dalam hal ini saya menggunakan file texture.png yang merupakan gambar yang menyerupai gambar kulit kumbang. Kita bisa menggunakan gambar lain sesuai dengan keinginan kita


  • Selanjutnya sama seperti langkah sebelumnya, klik Assign Material to Selection dan klik Show Map in Viewport, maka proses mapping telah selesai
Untuk mapping dengan cara yang kedua ini, kita akan menggunakannya pada bagian badan dan sayap, agar didapatkan hasil sesuai yang kita inginkan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger